Potensi Desa

Potensi Desa Alaskokon

Desa Alaskokon merupakan salah satu desa yang terdapat di kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Desa Alaskokon ini mempunyai potensi alam yang begitu melimpah dari bidang pertanian.
Salah satu potensi alam yang besar di desa Alaskokon ini yaitu jagung. Jagung merupakan tumbuhan yang tidak terlalu banyak memerlukan air. Selain biji jagungnya yang bisa dikonsumsi, ternyata kulit dan batang jagung pun juga dapat dimanfaatkan.
Tingginya potensi jagung yang ada di desa Alaskokon berbanding terbalik dengan pemanfaatannya. Dimana, pemanfaatan jagung di Desa Alaskokon hanya untuk dikonsumsi dan pakan ternak. Padahal jika diolah lebih lanjut lagi bisa menjadi dodol jagung, pupuk kompos batang jagung, kerajinan kulit jagung seperti bunga, kapal, dan lain-lainnya.
Kurangnya pemanfaatan jagung oleh masyarakat desa Alaskokon disebabkan karena pendidikan dan karakteristik dari warga desa Aalskokon itu sendiri yang cenderung lebih malas dan menginginkan pekerjaan yang lebih instan dengan pendapatan yang lebih tinggi. Padahal jika jagung yang dimanfaatkan di Desa Alaskokon secara baik dapat membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran di Desa Alaskokon sehingga pendidikan pun dapat berkembang dengan pesat. 

0 komentar:

Posting Komentar